Artikel 1: DESAIN RUMAH INOVATIF, HARUS MAHAL?

Categories: Arsitektur
Tags: No Tags
Comments: No Comments
Published on: 23/03/2011
Yu Sing | Arsitek

“Seorang klien pernah berujar demikian, saya menyesal, mengapa rumah pertama saya tidak menggunakan jasa arsitek, ternyata tanpa arsitek biaya membangun sebuah rumah tanpa disadari menjadi sangat mahal karena tidak adanya panduan efisiensi bahan & desain”.

Pada Edisi Artikel Perdana kali ini, moderator www.inovasikreatif.com menghadirkan sosok arsitek fenomenal Indonesia Yu Sing yang dikenal mengambil jalan sebagai “arsitek peduli”, yang tidak hanya menggarap proyek komersial namun mendesain pula rumah-rumah murah inovatif bagi kalangan middle-down dengan eksplorasi desain inovasi baru, kreatif, sensasi ruang yang luar biasa. Selamat Membaca!

Melalui artikel ini saya bermaksud untuk berbagi pengalaman dalam mendesain beberapa rumah murah inovatif, baik yang sudah terbangun, yang sedang dibangun, maupun yang masih dalam proses desain.

Tentunya pengalaman mendesain rumah murah inovatif ini tidak dapat menjadi acuan akhir, tapi sebagai pemberi dorongan semangat bagi mereka yang ingin membangun rumah dengan biaya terbatas maupun bagi saya sendiri untuk terus bereksplorasi mencari inovasi desain rumah murah yang semakin baik. Karena arsitektur milik masyarakat luas, bukan hanya untuk melayani kalangan mampu.

Perjalanan mendesain rumah-rumah murah inovatif ini dirasakan cukup rumit, dengan biaya konstruksi (pembangunan) fisik antara 1-2 juta rupiah/m2 dan luas rumah kurang dari 200 m2. Walaupun demikian, ternyata melalui berbagai eksperimen yang terus-menerus, rumah murah pun dapat memiliki eksplorasi alternatif desain yang tidak terbatas. Karena itu rumah murah dengan bantuan desain arsitek dapat menjadi alternatif yang potensial bagi kepemilikan rumah tanpa mengurangi keanekaragaman identitas dan kebutuhan pemiliknya (dibandingkan dengan rumah seragam yang dibangun melalui developer).

PERLUKAH PERAN ARSITEK?

Apakah sebuah rumah perlu didesain oleh arsitek? Bagaimana kalau rumah murah, masih perlukah peran arsitek? Apakah dengan peran arsitek akan membuat investasi biaya konstruksi rumah lebih menguntungkan daripada membangun tanpa arsitek?

Pertanyaan tersebut umumnya didasari kekeliruan penilaian sebagian besar masyarakat bahwa menggunakan jasa arsitek sangat mahal. Hal-hal tersebut pula yang melatarbelakangi maraknya pembangunan rumah sederhana dan rumah mewah tanpa arsitek, atau pembangunan oleh kontraktor dengan bonus desain gratis.

Membangun atau merenovasi rumah tinggal tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar sesuai dengan konteks kemampuan masing-masing pemiliknya. Sehingga dapat dikatakan, rumah tinggal merupakan kebutuhan dasar sekaligus barang mewah. Setiap orang akan sangat berhati-hati dalam membeli barang mewah karena mempertaruhkan nilai uang yang cukup besar. Belum lagi rumah tinggal merupakan harta milik yang akan dinikmati atau dipakai sendiri dalam waktu yang cukup lama. Kenyamanan dan keindahan kondisi rumah kita, begitu pula akan dirasakan tubuh kita secara fisik maupun psikologis.

Kini, wujud rumah tinggal menjadi semakin kompleks. Tipologinya pun tidak selalu mengacu pada bentuk rumah biasanya. Rumah berkembang menjadi cerminan karakter dan gaya hidup pemiliknya karena akan dihidupi setiap hari bahkan puluhan tahun. Rumah merupakan wadah paling mendasar bagi dinamika kehidupan sosial, budaya, dan spiritual yang dapat mempengaruhi kualitas manusianya bahkan wajah suatu bangsa.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, ternyata rumah memiliki nilai yang sangat tinggi. Sehingga proses merumah, merealisasikan kebutuhan, karakter, gaya hidup, atau cita rasa pemiliknya ke dalam ruang-ruang hidup sehari-hari menjadi sangat penting. Disinilah poin krusial yang seharusnya dipahami bahwa, proses merumah tanpa peran arsitek yang tepat akan menjadi investasi yang sangat mahal dan beresiko tinggi.

Mungkin dapat diilustrasikan seperti membawa mobil mercedes terbaru ke bengkel kecil yang tidak resmi dan tidak dikenal. Sama dengan mempertaruhkan nilai yang sangat besar kepada orang yang tidak terpercaya. Padahal arsitek yang tepat dapat berperan untuk membantu pemilik rumah mewujudkan rumah tinggalnya sesuai dengan biaya yang dianggarkan. Biaya yang sama yang dikeluarkan untuk membangun rumah tanpa arsitek akan dapat menghasilkan rumah yang jauh lebih bernilai dan bermakna bila dibantu oleh arsitek.

Apalagi untuk rumah dengan biaya terbatas, kompleksitas keterbatasan lahan dan dana dengan kebutuhan yang cukup banyak, semakin membutuhkan peran arsitek untuk mendesain rumahnya dengan penataan ruang dan pemilihan material yang efisien dan esensial namun tetap memiliki kualitas ruang yang baik. Karena indah tidak harus sama dengan mahal dan mewah, biaya rendah tidak berarti bernilai rendah. Belum lagi bila dihitung usia rumah berpuluh tahun, maka sebenarnya jasa desain arsitek yang distandarkan sekitar 10% dari biaya konstruksi rumah oleh IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), menjadi relatif sangat murah dibandingkan dengan kualitas rumah yang akan diwujudkan.

RE-DEFINISI INDAH & MEWAH

Sudut pandang kita tentang keindahan dan kemewahan tentunya perlu diperluas, karena dalam desain rumah murah inovatif kita akan banyak menemui desain-desain yang tidak baku. Walaupun sebenarnya makna keindahan dan kemewahan ini, dengan eksekusi detail ruang dan material yang digunakannya, juga berlaku dalam arsitektur secara umum, bukan hanya untuk rumah murah. Keindahan sebaiknya dilihat dari substansi mendasar terhadap perwujudan rumahnya.

Ilustrasinya demikian, secara umum orang lebih mudah melihat wanita cantik dari penampilan fisiknya. Namun bisa saja setelah kenal lebih dekat, ternyata wanita cantik tersebut memiliki sifat dan tabiat yang sangat buruk. Ada juga wanita yang dari penampilan luarnya terlihat sederhana, namun ternyata memiliki pemaknaan yang sangat luas tentang kehidupan, keseimbangan alam, hubungan positif antar manusia, serta nilai-nilai luhur yang berhubungan dengan kekekalan. Maka wanita kedua ini dapat kita pandang sebagai keindahan substantif, yang nilainya lebih dalam daripada keindahan kulit/kosmetik.

Dalam konteks rumah, substansi keindahan dapat berupa sikap ramah lingkungan, kemudahan perawatan, kemudahan pembuatan, penghematan material, pemanfaatan material daur ulang, dan lain-lain. Sedangkan kemewahan sebaiknya dilihat dari kualitas ruang-ruang yang terbentuk bukan dari mahalnya material yang digunakan. Kehadiran ruang keluarga yang cukup luas dengan “kejutan” warna dan ornamen tertentu, ventilasi dan cahaya alami yang maksimal misalnya merupakan keunggulan bagi sebuah rumah inovatif.

EKSPLORASI MATERIAL

Hal yang terpenting bagi rumah murah tentunya adalah penggunaan material-material yang tidak mahal namun memiliki nilai artistik tinggi. Salah satu semangat arsitektur modern yang berkembang sejak tahun 1920-an di Eropa adalah kejujuran material.

Bahwa misalnya beton ditampilkan sebagai beton apa adanya tanpa polesan, bukan sebagai elemen yang belum selesai, justru akan memberikan ekspresi arsitektur yang kuat. Hal ini menjadi anugerah untuk bereksplorasi menggunakan material (murah) apa adanya sebagai pembentuk ruang tanpa biaya lapisan penutup yang biasanya membuat rumah menjadi mahal.

Cukup banyak material mendasar atau murah yang dapat dieksplorasi pemakaiannya atau cara pemasangannya untuk membentuk sensasi ruang yang menarik. Misalnya bata merah polos dapat memiliki banyak sekali kemungkinan cara penyusunannya. Dapat dipasang seperti biasa, atau diberi jarak antara bata merahnya sehingga dindingnya berlubang-lubang, atau bata dipasang dengan variasi susunan satu bata dan setengah bata, dan lain-lain.

Material bambu yang biasanya hanya dipandang sebagai material sekunder, kini menjadi elemen arsitektur yang paling digemari di berbagai belahan dunia, karena kekuatan seratnya dapat menggantikan baja tulangan, fleksibilitas, estetika bentuknya dan jumlahnya melimpah. Melalui sistem pengawetan yang baik, maka bambu dapat menjadi material primer sebuah rumah, yang mampu bertahan puluhan tahun. Selain penggunaan material yang murah, eksplorasi material melalui pemanfaatan material bekas atau daur ulang, misalnya kusen atau daun pintu bekas layak pakai yang bisa dipoles dan ditata sedemikian rupa sehingga bernilai artistik tinggi.

EFISIENSI RUANG & STRUKTUR

Agak berbeda dengan desain rumah beranggaran dana longgar, desain rumah murah inovatif justru dimulai dengan desain sistem strukturnya terlebih dahulu, bukan dimulai dari desain arsitekturnya.

Sistem struktur yang efisien sangat menentukan anggaran konstruksi rumah, karena biasanya biaya struktur rumah sekitar 40-50% dari biaya keselururuhan. Struktur atap misalnya jauh lebih murah bila menggunakan atap fiber semen (tanpa kandungan asbestos) dibandingkan dengan atap genteng, karena tidak diperlukan kaso dan reng.

Apalagi kalau lebar rumah tidak lebih dari 400 cm, maka tidak diperlukan struktur kuda-kuda. Struktur lantai dua dapat juga menggunakan struktur rangka dengan lantai multipleks yang dapat dilapisi cor semen tipis dengan pelapis keramik. Dengan demikian struktur lantai lebih ringan daripada lantai beton, sehingga kolom dan balok penyangganya bisa jauh lebih kecil. Jarak antara lantai satu dengan lantai dua sebenarnya cukup sekitar 250 cm, asalkan bukaan dan ventilasi alami cukup untuk ukuran ruangnya. Dengan demikian biaya dinding, struktur kolom, dan tangga dapat dihemat cukup banyak. Penempatan ruang-ruang efektif di dalam rumah perlu didesain seefisien mungkin agar tidak ada ruang-ruang yang tidak terpakai serta jalur sirkulasi di dalam rumah menjadi lebih pendek.

Jadi sebenarnya eksplorasi desain rumah murah inovatif masih terbuka sangat luas untuk dapat mewujudkan mimpi banyak orang memiliki rumah yang indah dan ‘mewah’. Menjadi tempat membentuk keluarga yang mampu memberikan sumbangsih nilai-nilai luhur bagi lingkungan sekitar dan bangsa.

(**Yu Sing adalah arsitek lulusan ITB, karyanya tersebar di berbagai daerah Indonesia, pemenang Holcim Award Indonesia, pemenang ke-3 FuturArc 2010 atas karya Oasis Social Housing, tinggal di Bandung & kini aktif dalam pembentukan jaringan Kampung Kota, sebagian kecil karyanya bisa dilihat di video presentasi  http://inovasikreatif.com/arsitektur/ *Artikel ini disadur ulang dari Sensasi Ruang dalam rumah & Eksplorasi Desain Rumah Murah)

Welcome , today is Tuesday, 21/10/2014